Berapa lama perjalanan dari jakarta ke sukabumi

Oleh Devira Prastiwi pada 12 Jun 2018, 16:29 WIB

Diperbarui 12 Jun 2018, 16:29 WIB

Perbesar

Tol Ciawi-Bogor-Sukabumi (Bocimi) Seksi I, yakni dari Ciawi sampai Cigombong mulai dibuka secara fungsional mulai Jumat, 8 Juni 2018. (Maulandy/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I sepanjang 15 kilometer yang belum selesai pengerjaannya dibuka secara fungsional pada mudik Lebaran 2018. Ruas Ciawi-Cigombong dibuka secara gratis selama 15 hari pada 9-24 Juni 2018.

Pemudik dan warga sekitar pun bisa merasakan manfaat Tol Bocimi. Salah satunya adalah Agus.

Kepada pemilik akun Twitter @hariadhi, Agus mengatakan, dia biasa mudik ke Sukabumi menggunakan sepeda motor memakan waktu 6-8 jam. Tapi, kini dengan menggunakan mobil dan lewat Tol Bocimi, jarak tempuh Jakarta-Sukabumi hanya 1 jam.

"Ya bedalah (naik motor dengan mobil), beda jauh. Kalau naik motor 6 jam, kalau lewat tol cuma satu jam," kata Agus, seperti dikutip Liputan6.com, Selasa (12/2/2018).

Sehingga, tahun depan, Agus memastikan akan mudik menggunakan mobil karena lebih cepat sampai ke kampung halaman, dan jalanan pun lancar.

Tak hanya pemudik, para tukang parkir juga meraup untung dengan adanya Tol Bocimi. Karena, Pantai Pelabuhan Ratu kini menjadi jauh lebih ramai.

"Setelah adanya Tol Bocimi, alhamdulillah tambah ramai pantainya, dua kali lipat ramainya," kata Hendri yang berprofesi sebagai juru parkir.

Sebagai informasi, untuk bisa melewati Tol Bocimi dari Jakarta, Anda harus keluar terlebih dahulu di Tol Ciawi, kemudian pilih jalur Lido Sukabumi sebelah kiri, karena jalur kanan ke arah Ciawi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Jarak antara Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia dan Kota Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia dengan mobil — km, atau mil. Untuk menempuh jarak ini dengan mobil, Anda perlu menit, atau jam.

Rute mobil Jakarta Timur — Kota Sukabumi dibuat secara otomatis. Jalan di peta ditampilkan sebagai garis biru. Dengan memindahkan penanda, Anda dapat membuat rute baru melalui titik-titik yang Anda butuhkan.

Jika Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan Jakarta Timur Kota Sukabumi dengan pesawat, maka anda harus terbang jauh — 77 km atau 48 mil. Itu ditandai di peta dengan garis abu-abu (antara dua titik dalam garis lurus).

Perkiraan waktu penerbangan Jakarta Timur Kota Sukabumi dengan pesawat dengan kecepatan jelajah 750 km / jam akan — 6 мин.

Indonesia, Jakarta Timur — lalu lintas kiri. Indonesia, Kota Sukabumi — lalu lintas kiri.

Jakarta Timur dan Kota Sukabumi berada di zona waktu yang sama. Diantara mereka tidak ada perbedaan waktu (UTC +7 Asia/Jakarta).

Informasi tentang cara alternatif untuk sampai ke tujuan Anda.

Panjang jarak ini adalah tentang 0.2% total panjang khatulistiwa.

Hitung sendiri biaya perjalanan menggunakan kalkulator konsumsi bahan bakar, dengan mengubah data di tabel.

Setelah sebelumnya puas makan bersama dengan rekan komunitas, kejenuhan kembali menghampiri meskipun sudah mencoba menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas. Sempat ada rencana untuk berlibur ke Yogyakarta, namun harus mengurung niat karena hal tertentu. Tidak masalah, masih banyak opsi perjalanan yang bisa dinikmati. Saya memutuskan untuk berlibur ke Sukabumi. Selain lebih dekat, juga lebih ramah di kantong.

Tahun lalu, saya bersama keluarga sempat singgah ke Sukabumi sepulang dari acara wisuda saudara di Yogyakarta. Namun, terbatasnya waktu menyebabkan kami tidak bisa menikmati tempat wisata kala itu. Tahun ini, saya harus menunaikan hasrat untuk menjajal wisata di kota Santri ini.

Dengan menaiki motor, saya dan salah satu teman berangkat dari Serang ke Jakarta pada tanggal 2 Mei 2022 sekitar jam 05:43 WIB. Kami berangkat lebih awal untuk menghindari macet di perjalanan. Sekitar jam 09:18 WIB, saya baru bisa memasuki bus arah Sukabumi karena terbatasnya bus yang jalan. Sementara itu, teman saya tidak ikut karena dari awal dia berencana menemui teman-temannya di sekitaran Jakarta.

Sumber Foto: Linimasa Google Map Penulis

Awalnya, perjalanan saya cukup lancar karena jumlah kendaraan pemudik sudah mulai berkurang. Namun tiba di daerah Cicurug, perjalanan kami terhambat oleh macet karena banyaknya orang yang hendak berwisata.

Meski sedang macet, saya tetap menikmati perjalanan karena beberapa penumpang mulai bercerita satu sama lain tentang puasa yang dijalaninya selama satu bulan. Salah seorang bapak bercerita bagaimana dia sangat bersyukur bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar. Menurutnya, cuaca di lebaran tahun ini cukup mendung sehingga puasa yang dijalani lebih mudah. Penumpang yang lain turut mengamini hal tersebut.

Tak terasa, bus yang kami tumpangi sudah sampai di salah satu perhentian, tepatnya di Jl. Pelabuhan II. Saya pun turun dari bus sembari mengucapkan terima kasih kepada kernet dan penumpang lainnya. Dengan memesan ojek online, saya akhirnya tiba di rumah salah satu teman sekitar jam 15:16 WIB. Karena sudah lelah selama perjalanan, saya akhirnya memutuskan untuk beristirahat.

Besoknya (3/5), saya dan teman saya berangkat ke Citimall Sukabumi untuk belanja. Pengunjung Citimall Sukabumi hari itu sangat ramai karena memang masih suasana Idul Fitri. Sebelum mulai belanja, kami terlebih dahulu menikmati makan siang di Raja Sambal, salah satu rumah makan di sekitaran Citimall Sukabumi. Menu yang kami pesan adalah Nasi, Ikan Bakar, Udang Goreng, dan minuman dingin. Tak lama setelah makanan tiba di meja, beberapa pemuda menyanyikan lagu-lagu merdu menemani makan siang kami. Tak lupa kami berikan sedikit uang sebagai ucapan terima kasih kepada mereka.

Selesai makan, kami segera menuju Citimall Sukabumi untuk belanja beberapa potong pakaian. Setelah itu, kami beranjak ke Pasar Pangleseran untuk belanja kebutuhan dapur. Setelah semuanya sudah selesai, kampiun memutuskan untuk pulang.

Sumber Foto: Milik Pribadi Penulis

Setibanya di rumah, kami mendiskusikan beberapa tempat wisata yang akan kami kunjungi dalam beberapa hari ke depan. Wisata yang kami rencanakan wajib dikunjungi adalah Pemandian Air Panas Cikundul, Pantai Pelabuhan Ratu, dan Santa Sea Waterpark Sukabumi.