Kelapa ijo atau kelapa muda yang bagus untuk ibu hamil

Tidak hanya untuk mencegah dehidrasi, manfaat air kelapa untuk ibu hamil sangat beragam. Selain itu, air kelapa juga dikenal baik untuk kesehatan janin. Jika Anda mau tahu apa saja manfaat lain air kelapa bila dikonsumsi saat hamil, simak jawabannya dalam artikel berikut.

Air kelapa dikenal sebagai minuman pengganti elektrolit untuk orang-orang dengan sakit perut atau dehidrasi yang parah. Selain itu, air kelapa juga dikenal berkhasiat untuk ibu hamil maupun janin.

Kelapa ijo atau kelapa muda yang bagus untuk ibu hamil

Berbagai Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Di dalam air kelapa terkandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, serat, dan protein. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan mineral, yaitu magnesium, kalium, dan kalsium.

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, air kelapa dipercaya berkhasiat untuk kesehatan ibu hamil. Berikut ini adalah berbagai manfaat air kelapa untuk ibu hamil:

1. Menggantikan elektrolit yang hilang

Mual dan muntah atau dikenal juga dengan morning sickness merupakan keluhan yang dialami oleh hampir setiap ibu hamil. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh, sehingga memicu terjadinya kekurangan elektrolit.

Air kelapa bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil untuk menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh. Hal tersebut dikarenakan air kelapa memiliki kandungan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium.

2. Memenuhi asupan cairan tubuh

Penting bagi setiap ibu hamil untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Tak hanya air putih, air kelapa juga dapat ibu hamil konsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, ibu hamil akan merasa lebih segar dan tidak mudah lelah.

3. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih umum terjadi selama kehamilan. Kondisi ini dapat terjadi akibat perubahan hormon saat hamil dan berdampak pada fungsi saluran kemih. Hal ini menyebabkan ibu hamil lebih mudah terkena infeksi.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dapat diperoleh bila rutin dikonsumsi tetapi tidak secara berlebihan. Namun, jika Bumil mengalami keluhan setelah mengonsumsi air kelapa, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare, konsultasikan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan.

Air kelapa hijau memang dikenal sebagai minuman alami yang dapat mencegah dehidrasi. Bukan tanpa alasan, kandungan elektrolit yang terkandung dalam air kelapa hijau memang sangat bermanfaat untuk memenuhi cairan tubuh sehari-hari.

Bukan hanya itu Ma, air kelapa hijau juga menyimpan kandungan lain seperti potasium, vitamin C, hingga serat yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Manfaat air kelapa hijau ini dapat dirasakan oleh siapa saja yang mengonsumsinya. Bahkan dikatakan bahwa air kelapa hijau mempunyai banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Jadi tidak heran, jika minuman ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil.

1. Melawan morning sickness

Kelapa ijo atau kelapa muda yang bagus untuk ibu hamil
Freepik/praisaeng

Morning sickness adalah gangguan semasa kehamilan yang ditandai dengan rasa mual dan muntah. Umumnya, gejala ini akan hilang ketika usia kandungan mencapai tiga bulan. Kandungan elektrolit di dalam air kepala, bisa membantu Mama untuk menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh karena sering muntah.

Rasa segar pada air kelapa hijau juga dapat menghilangkan sensasi ingin muntah. Mama bisa menjadikan air kelapa hijau sebagai salah satu solusi dalam melawan morning sickness.

2. Menjernihkan air ketuban

Kelapa ijo atau kelapa muda yang bagus untuk ibu hamil
PIxabay/nguyentungson

Kandungan antioksidan dan elektrolit dalam air kelapa juga bisa membersihkan dan menjernihkan air ketuban. Kedua zat tersebut bisa menyerap lendir dan kotoran yang terdapat pada air ketuban. Sehingga dapat menjernihkan air ketuban.

  • 6 Penyebab Mual Muntah saat Hamil Tua, Waspada Bisa Komplikasi
  • Mengenal Douching Vagina dan Dampaknya bagi Kesuburan saat Promil
  • Jenis Obat yang Aman dan Tidak Aman untuk Ibu Hamil

3. Menjaga sistem metabolisme tubuh

Kelapa ijo atau kelapa muda yang bagus untuk ibu hamil
Pixabay/Regina Zulauf

Masa-masa kehamilan adalah masa yang rentan bagi Mama, salah satunya adalah berisiko mengalami berbagai gangguan sistem metabolisme. Masalah ini bisa berdampak buruk terhadap perkembangan janin di dalam rahim. Beberapa masalah yang bisa terjadi di antaranya adalah meningkatkan risiko bayi terlahir dengan bobot yang rendah, dan gangguan sistem metabolisme bayi di masa mendatang.

Air kelapa hijau mengandung protein, serat, mangan, dan kandungan vitamin C yang sangat berperan untuk meningkatkan sistem metabolisme mama selama proses kehamilan.

4. Mencegah kram

Kelapa ijo atau kelapa muda yang bagus untuk ibu hamil
Freepik/Dragana_Gordic

Semakin bertambahnya usia kehamilan, maka bisa meningkatkan risiko terjadinya kram pada kaki bagi sejumlah ibu hamil. Kandungan senyawa kimia dalam air kelapa hijau seperti kalium, bisa dijadikan alternatif utama dalam menyembuhkan gangguan tersebut.  

Segelas air kelapa, atau setara dengan 330 ml, bisa menyajikan sampai 670 mg kalium. Itu artinya, sekitar 14 persen kebutuhan pasokan kalium saat masa kehamilan bisa dipenuhi oleh air kelapa.

5. Kolesterol baik (HDL) dalam tubuh

Kelapa ijo atau kelapa muda yang bagus untuk ibu hamil
Freepik

Air kelapa juga bisa membantu meningkatkan kolestrol baik (HDL) dalam tubuh, karena airnya tidak mengandung lemak dan kolesterol. Jadi, ibu hamil tak perlu khawatir untuk mengonsumsinya, karena hal tersebut justru dapat menambah kesegaran tubuh.

6. Mengontrol kadar gula dan memperbaiki sirkulasi darah

Kelapa ijo atau kelapa muda yang bagus untuk ibu hamil
Pixabay/stevepb

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang lain adalah membantu meningkatkan kadar gula darah dan memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. Manfaat ini bisa didapatkan ibu hamil, dari kandungan vitamin C, protein, magnesium dan potasium yang banyak terdapat dalam air kelapa.

Kandungan tersebut dapat dikatakan sebagai antioksidan yang berguna untuk mengendalikan tekanan darah ibu hamil. Bahkan mengonsumsi air kelapa juga menghindarkan ibu hamil dari risiko preeklampsia, atau gangguan kehamilan yang terjadi akibat tekanan darah tinggi dan tingginya kandungan protein dalam urine yang berbahaya bagi ibu hamil.

Itu dia beberapa manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil. Selain mengonsumsi air kelapa hijau, Mama juga harus mengimbanginya dengan mengatur porsi makan dan menerapkan gaya hidup sehat setiap hari.

Air kelapa apa yang baik untuk ibu hamil?

Air kelapa muda mengandung sedikit kalori dan bebas lemak sehingga memiliki manfaat untuk menjaga berat badan ibu hamil. Air kelapa muda menjadi pilihan yang tepat bagi ibu hamil yang sedang ingin minum-minuman segar dibandingkan dengan minuman teh dalam kemasan, kopi, maupun minuman soda.

Apa perbedaan kelapa hijau dan kelapa muda?

Kelapa hijau mempunyai kandungan air yang lebih banyak daripada kelapa muda. Oleh karena itu, kelapa hijau lebih menyegarkan. Rasa air kelapa hijau lebih manis. Adapun rasa manis pada kelapa muda samar-samar karena bercampur rasa gurih.

Kapan sebaiknya minum air kelapa hijau untuk ibu hamil?

Waktu terbaik untuk minum air kelapa selama kehamilan adalah di pagi hari karena nutrisi dan elektrolit yang dikandungnya mudah diserap saat perut kosong. Kandungan seratnya yang tinggi juga membuat air kelapa baik diminum untuk membantu meringankan sembelit.