Teks yang merupakan berisi penjelasan mendetail pada tiap bagian-bagian suatu karya adalah

Teks yang merupakan berisi penjelasan mendetail pada tiap bagian-bagian suatu karya adalah

Haloo sobat Mijil! Kita sebagai Mahasiswa tentu sering membaca karya-karya ilmiah,diantaranya buku bukan? Nah ketika kita membaca buku, tentu harus mencerna buku tersebut dengan seksama agar kita dapat memahami isinya. Pada kesempatan lain, kita perlu mengomunikasikan pemahaman kita dalam berbagai bentuk untuk keperluan presentasi atau menulis,seperti proposal,penelitian,artikel ilmiah, laporan penelitian, tugas akhir ataupun skripsi. Oleh karena itu keterampilan mengulas buku bagi mahasiswa sangatlah diperlukan.

Apa itu Teks Ulasan Buku?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Ulasan adalah kupasan, tafsiran, atau komentar. Ulasan pada umumnya ditulis dalam bentuk artikel. Ulasan merupakan teks yang berfungsi untuk menimbang, menilai, dan mengajukan kritik terhadap karya atau peristiwa yang diulas. Perlu dipahami, ulasan tidak harus dibuat terhadap buku, tetapi juga dapat dibuat untuk karya-karya lain seperti artikel, karya sastra (cerpen, novel, atau puisi), serta karya seni (musik, tari, kriya, lukis, pertunjukan, atau film).

Teks Ulasan adalah suatu teks yang ditulis berdasarkan pada hasil penilaian,pengamatan,pertimbangan dan pemeriksaan secara terperinci terhadap suatu karya,baik fisik maupun non fisik. Teks ulasan buku berisi ulasan, penilaian,tinjauan,review ataupun ringkasan terhadap suatu buku yang pada umumnya ditulis dalam bentuk artikel. Maka dari itu teks ulasan juga dapat disebut artikel ulasan.
Ketika mengulas suatu karya, pengulas harus bersikap kritis agar hasil ulasan yang diberikan dapat memberikan kontribusi demi kemajuan karya tersebut. Tentunya di dalam kehidupan kita sehari-hari kerap menemukan berbagai jenis ulasan atau review terkait suatu film, buku, lagu, hingga karya sastra dan seni lainnya di dalam surat kabar ataupun media lain.

Lalu Apa Saja Struktur Teks Ulasan Buku? Struktur teks adalah bagian-bagian yang membangun sebuah teks sehingga menjadi suatu kesatuan teks yang utuh. Adapun struktur teks ulasan yakni : a. Identitas => Bagian yang berisi informasi berupa judul, penulis, tahun terbit dll suatu karya yang ingin diulas. Identitas berfungsi untuk memberikan deskripsi tentang wujud fisik buku beserta ciri-cirinya. Identitas buku ini bersifat oposional,boleh ada atau tidak. b. Orientasi => Bagian yang berisi gambaran umum pada suatu karya film, buku, lagu, hingga karya sastra dan seni lainnya yang nantinya akan diulas. Pada bagian orientasi ini akan memberikan penjelasan terhadap pembaca terkait apa yang nantinya akan dibahas dalam teks ulasan. c. Tafsiran isi=> Bagian yang berisi penjelasan detail mengenai karya yang diulas seperti pandangan kita mengenai karya yang diulas. Bagian ini dilakukan setelah mengevaluasi karya sastra tersebut. Pada bagian ini biasanya penulis membandingkan karya sastra tersebut dengan karya sastra yang mirip. Penulis menilai kekurangan dan kelebihan karya yang diulas. d. Evaluasi => Bagian yang berisi pandangan dari penulis terkait hasil karya yang akan diulas. Evaluasi ini dilakukan setelah pengulas melakukan tafsiran dengan cukup pada hasil karya itu sendiri. Pada bagian evaluasi ini juga akan disebutkan bagian yang bernilai atau kelebihan juga kekurangan dari karya sastra yang akan diulas.

e. Rangkuman, => Bagian yang isinya berupa kesimpulan dari ulasan karya sastra. Bagian rangkuman ini juga memuat komentar penulis (rekomendasi), apakah hasil karya itu memiliki kualitas bagus atau tidak untuk ditonton atau dibaca.

Lalu Bagaimana Hubungan Gendre Pada Teks Ulasan Buku? Sebelumnya perlu kita pahami mengenai genre. Ada dua jenis genre yakni genre makro dan genre mikro. Genre makro adalah genre yang secara global menjadi nama jenis teks yang dimaksud, di dalamnya masih terdapat sejumlah subgenre yang disebut genre mikro. Beberapa contoh genre makro antara lain iklan, berita, editorial, artikel jurnal, brosur, ulasan buku (review), dan buku. Genre mikro adalah deskripsi, prosedur, rekon, narasi, eksplanasi, eksposisi, dan diskusi. Adapun hubungan genre pada teks ulasan buku dibagi menjadi dua fungsi yaitu fungsi retoris dan fungsi sosial. Fungsi retoris itu berkaitan dengan fungsi genre mikro pada setiap tahapan, sedangkan fungsi sosial berkaitan dengan fungsi genre makro yang mewadahi teks ulasan buku secara keseluruhan. Adapun genre mikor yang digunakan dalam struktur teks ulasan yakni a. Identitas => Genre Mikro yang digunakan untuk memaparkan identitas adalah deskripsi. b. Orientasi => Genre Mikro yang digunakan adalah deskripsi dan eksposisi c. Tafsiran Isi => Genre Mikro utama yang digunakan untuk memaparkan tafsiran isi adalah deskripsi dan rekon d. Evaluasi => Genre Mikro utama yang digunakan adalah diskusi e. Rangkuman => Genre Mikro yang digunakan adalah deskripsi dan eksposisi

Jadi fungsi retoris berkaitan dengan fungsi genre mikro pada tiap tahapan,sedangkan fungsi sosial berkaitan dengan genre makro yang mewadahi tujuan teks ulasan buku secara keseluruhan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Teks Ulasan Buku, semoga bisa dipahami terimakasih.

Referensi : Nurwardani, Paristiyanti dkk. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti

slideshare.net/astutyutomo/ulasan-buku-144054972

Contoh Teks Ulasan – Tanpa kamu sadari kamu mungkin sering menjumpai teks ulasan atau resensi. Teks ini biasanya digunakan untuk mengulas film, buku ataupun hal lainnya. Teks ini biasanya diterbitkan atau disajikan dalam bentuk artikel. Jika kamu penasaran tentang teks ulasan, maka simak informasinya berikut ini.

Apa Itu Teks Ulasan?

Dalam KBBI, teks ulasan merupakan tafsiran, kupasan ataupun komentar. Teks ulasan berarti teks yang memberikan komentar, penjelasan dan menafsirkan dalam bentuk pendapat dan sebagainya. Biasanya karya yang diulas merupakan karya sastra, karya seni hingga artikel. Teks ini juga biasanya digunakan untuk mengulas kegiatan atau peristiwa yang dilaksanakan.

Teks ulasan sangat penting karena penulis biasanya merupakan orang yang kritis. Dengan adanya teks ulasan, maka penulis turut berkontribusi dalam kemajuan karya yang diulas. Tentunya untuk membuat teks ulasan harus mengikuti struktur yang ada serta memenuhi karekter yang melekat pada sebuah teks ulasan.

Ciri-ciri Teks Ulasan

Setiap jenis teks tentu memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tujuan pembuatannya. Adapun ciri-ciri dari teks ulasan adalah sebagai berikut:

  • Terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.
  • Memiliki informasi yang didasarkan pada opini penulis terhadap suatu produk atau karya.
  • Opini yang disampaikan berdasarkan fakta yang diinterpretasikan.
  • Memiliki istilah lain yaitu resensi.

Struktur Teks Ulasan

Terdapat beberapa bagian dari teks ulasan yang harus ada untuk menjadi satu kesatuan teks ulasan yang utuh. Adapun detail dari struktur teks ulasan adalah sebagai berikut:

  • Orientasi, bagian ini berisi pengenalan atau gambaran umum terkait dengan karya baik drama atuapun film yang akan diulas. Pada bagian ini terdapat latar belakang mengenai hal yang akan diulas.
  • Tafsiran, merupakan gambaran yang lebih mendetail terkait karya yang diulas. Bagian ini membahas tentang hasil karya, keunggulan, keunikan, kualitas dan lainnya.
  • Evaluasi, adalah bagian yang menunjukan sudut pandang penulis dari suatu karya yang diulas. Penulis akan menyebutkan bagian yang merupakan kelebihan dan kekurangan dari karya.
  • Rangkuman, bagian ini berisi kesimpulan dari ulasan terkait film dan drama. Pada bagian ini penulis akan memberikan komentar terkait karya tersebut apakah berkulitas atau tidak untuk disaksikan.

Tujuan Teks Ulasan

Teks ulasan memberikan beberapa manfaat untuk pembaca. Adapun tujuan dari pembuatan teks ulasan adalah sebagai berikut:

  • Memberikan informasi kepada pembaca terkait dengan kelebihan dan kekurangan pada suatu karya.
  • Menyampaikan sudut pandang atau penilaian penulis terhadap suatu karya.
  • Membantu pembaca agar dapat mempertimbangkan suatu karya yang akan dilihat atau dibaca.

Contoh Teks Ulasan Sebagai Referensi

Agar kamu dapat memahami tentang teks ulasan, maka kamu dapat melihat contoh teks ulasan. Berikut beberapa contoh yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk pembuatan teks ulasan.

Contoh Teks Ulasan Film

Informasi Umum

Judul : Dilan 1990

Sutradara : Fajar Bustomi

Produser : Ody Mulya Hidayat

Penulis : Pidi Baiq

Distributor : Falcon Pictures

Rilis : Januari 2018

Durasi : 110 menit

Bahasa : Indonesia

Pemain

  1. Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan
  2. Vanesha Prescilla
  3. Yoriko Angeline
  4. Brandon Salim
  5. Zulfa Maharani
  6. Debo Andryos Aryanto
  7. Gusti Rahyan

Dilan 1990 adalah film yang dibuat berdasarkan buku karya Pidi Baiq.  Film yang disutradarai oleh Fajar Bustomi ini telah sukses disaksikan oleh lebih dari 6 juta penonton. Penayangan film ini dilaksanakan secara serentak di seluruh bioskop di Indonesia pada akhir Januari 2018.  Film ini mengisahkan tentang remaja di usia remaja dimana kisahnya diambil dari kisah nyata.

Milea merupakan siswi pindahan dari Jakarta yang bersekolah di sekolah Dilan. Sedangkan Dilan merupakan anak dari seorang tentara yang aktif di geng motor. Pertemuan Milea dan Dilan pertama kali terjaid saat keduanya menuju sekolah. Tanpa ragu Dilan menyapa Milea dan mengatakan untuk bertemu di kantin siang hari nanti.

Pendekatan terus dilakukan oleh Dilan untuk mendapatkan hati Milea. Namun ternyata, Nandan teman sekelas Milea juga menyukai Milea. Mengetahui hal tersebut, Dilan perlahan menjauhi Milea karena Dilan mengira bahwa Milea dan Nanda berpacaran. Pada akhirnya, Milea mengatakan pada Piyan (sahabat Dilan) bahwa Milea dan Nandan tidak menjalin hubungan spesial.

Dari kabar tersebut, Dilan kembali mendekati Milea. Merekapun melalui hari-hari bersama dari pulang sekolah, sepulang sekolah, bahkan di rumah. Akhirnya Dilan mengungkapkan persaannya lalu Dilan dan Milea akhirnya resmi berpacaran.

Film ini identik dengan kehidupan remaja dimana terdapat peristiwa yang umumnya dialami oleh para remaja tanah air. Dilan menjadi sosok remaja laki-laki yang diidamkan sehingga film ini membuat para penontonnya baper. Film dengan latar tahun 1990 ini juga didukung dengan properti di tahun tersebut.

Dilan 1990 bukanlah film secara keseluruhan yang menggambarkan novelnya. Hal itu, membuat akhir dari film ini dapat dikatakan nanggung namun cukup membuat penasaran. Film ini juga menarik hati orang dewasa karena akan mengingatkan kembali pada masa 1990-an.

Contoh Teks Ulasan  Puisi

Puisi dengan judul “Ibu” merupakan salah satu karya dari Cantika Ayu yang telah diterbitkan pada majalah kalangan usia menengah. Puisi ini berisi doa dari seorang anak untuk Ibunya. Pencipta juga mengungkapkan rasa terima kasihnya untuk jasa seorang ibu. Pada pusisi digambarkan bahwa Ibu merupakan orang yang selalu ada untuk putra-putrinya.

Di bait pertama hingga ketiga, penulis mengungkapkan doa untuk ibu. Penulis mengharapkan senyuman dan kebahagiaan Ibu tidak pernah pudar. Sang anak juga mendoakan agar Ibu selalu berada dalam tuntunan Tuhan. Puisi juga menggambarkan seorang Ibu yang terkadang banyak bicara namun sang anak terus berharap rezeki ibu terus mengalir.

Puisi ini menunjukan rasa kasih sayang seorang anak kepada ibunya. Cinta dan kasih dari Ibu tidak akan pernah terbalaskan, sehingga ungkapan terimakasih saja tidak akan pernah cukup. Hal itu membuat sang anak mendoakan Ibunya dengan tulus tanpa henti. Puisi ini juga menggambarkan tentang kehidupan sehari-hari yang dialami Ibu dan anak.

Secara keseluruhan, puisi Ibu layak untuk dibaca. Puisi juga dapat dijadikan sebagai referensi ketika pembaca membutuhkan referensi untuk penulisan puisi dengan tema serupa. Setiap bait puisi ini membuat pembaca sadar bahwa pengorbanan seorang ibu tentu sangat besar. Puisi ini dapat menjadi motivasi agar hati seorang ibu selalu dijaga.

Contoh Teks Ulasan Buku

Identitas Buku

Judul Buku         : Cinta Brontosaurus

Pengarang         : Raditya Dika

Genre                  : Komedi, Percintaan

Penerbit             : Gagas Media

Tahun Terbit     : 2006

Tebal Buku         : 160 Halaman

Sinopsis Buku

Dika merupakan seorang penulis yang baru saja putus dengan Nina dan pacarnya. Sejak putus, dia mempercayai bahwa cinta dapat kadaluarsa. Agen naskah Dika, Kokasih, mencoba untuk membuat Dika yakin kembali pada cinta seperti halnya keyakinan Kokasih pada Wanda, istrinya. Upaya kokasih membuat Dika pada rangkaian perkenalan yang absurd.

Namun, cinta datang tanpa terduka seperti halnya saat Jessica bertemu dengan Dika. Sejak bertemu dengan Jessica, Dika mulai ragu akan kebenaran cinta yang dapat kadaluarsa. Di sisi lain, Mr. Soe Lim tengah menawarkan untuk memfilmkan buku Dika dengan judul Cinta Brontosaurus.

Dika sangat bersemangat dalam menulis skrip film, namun Mr. Soe Lim mencoba untuk mengubah naskah asli Dika menjadi film horor. Buku ini merupakan kisah dari Dika yang kembali memahami cinta saat bertemu dengan Jessica, teman dan keluarganya.

Tampilan buku cover buku ini sangat menarik dengan dukungan tampilan dalam yang membuat buku tampak lebih ceria. Isi dari buku ini sangat bagus mulai dari kisah komedi, cinta dan kehiudan sehari-hari yang dikemas secara menarik. Kisah sangat sesuai dengan kehidupan remaja masa kini.

Bahasa pada buku ini menggunakan loe, gue, dan sebagainya yang merupakan bahasa gaul dan kekinian. Bahasa yang digunakan tidak seluruhnya mencakup Bahasa Indonesia yang baik namun hal tersebut selaras dengan tema dan isi buku yang mengisahkan remaja.

Kisah dan tema yang ada di buku ini sangat menarik minat pembaca apalagi ditambah dengan kisah lucu yang dapat mengundang tawa. Namun, pembaca akan dibuat penasaran dengan akhir cerita yang mengambang. Ada juga beberapa kata yang vulgar dan perlu disensor.

Cinta Brontosaurus menjadi salah satu buku yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, hadir dengan daya tarik yang besar. Jiwa humoris penulis membuat buku ini tidak membosankan untuk dibaca.

Beberapa contoh teks ulasan sangat membantu kamu untuk membuat teks ulasan yang baik pada suatu karya. Dengan memperhatikan strukturnya, kamu dapat menyusun teks ulasan yang dapat bermanfaat untuk orang lain.