Sebutkan dua variasi permainan bola basket

Variasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Basket : Lokomotor, Nonlokomotor dan Manipulatif – Setelah sebelumnya kita bahas mengenai gerakan dalam permainan bola voli, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang berbagai gerakan dan contohnya.

Pada permainan bola basket terdapat gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Variasi gerak dasar tersebut menunjukkan keterampilan gerak dengan bola ataupun tanpa bola. Variasi gerak dasar tersebut dapat kamu lakukan bersama temanmu secara disiplin dan tanggung jawab. Agar pemahamanmu lebih mendalam, bacalah rangkuman materi berikut ini.

Variasi Gerak Lokomotor dalam Permainan Bola Basket

Apa sajakah variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan bola basket? Ingatlah kembali tayangan video pertandingan bola basket yang sudah kamu tonton. Bentuk variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan bola basket sebagai berikut:

1. Berjalan dan Berlari

Saat bermain bola basket, kamu harus berjalan dan berlari. Kamu dapat berjalan dan berlari maju dan mundur atau menyamping. Gerakan ini dapat meningkatkan kelincahan dan ketangkasan saat berjalan dan berlari. Peragakan variasi gerak dasar tersebut bersama temanmu. Jika masih kesulitan, mintalah bimbingan kepada gurumu secara santun.

2. Berlari dan Melompat

Bagaimana cara melakukan gerak berlari dan melompat dalam permainan bola basket? Gerakan ini biasanya dilakukan dalam lay up shoot. Kamu dapat melakukannya dari sisi kiri atau kanan ring basket. Awalnya, berlari, kemudian lakukan dua langkah mendekati ring, lalu melompat.

3. Berjalan dan Meloncat

Saat bermain bola basket, kamu akan melakukan gerak berjalan dan meloncat. Bagaimana caranya? Diskusikan dengan temanmu, kemudian jelaskan hasil diskusi kepada guru secara santun. Bandingkan hasil pembahasanmu dengan materi berikut.

Caranya, berjalan diikuti gerakan meloncat. Variasi gerak dasar ini sebagai persiapan menembak bola ke ring basket. Posisi akhir, berdiri dan telapak tangan menghadap bawah. Lakukan variasi gerak ini dengan semangat dan percaya diri.

Variasi Gerak Nonlokomotor dalam Permainan Bola Basket

Apa sajakah bentuk variasi gerak nonlokomotor dalam permainan bola basket? Pada permainan bola basket, ada beberapa variasi gerak nonlokomotor. Mari, ikuti pembelajaran materi berikut dengan sungguh-sungguh.

1. Menekuk Kaki dan Membungkuk

Gerakan memantulkan bola dapat dilakukan di tempat. Bagaimana bentuk pembelajarannya? Pembelajaran ini dilakukan tanpa bola. Awalnya, posisi dalam sikap berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Kemudian, menekuk kaki dan badan agak membungkuk.

Salah satu lengan (kanan misalnya) melakukan gerakan seolah-olah memantulkan bola. Lengan satunya (kiri) diangkat untuk menjaga keseimbangan tubuh.

2. Berdiri dan Mengayunkan Lengan

Posisi awal berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua tangan seolah-olah memegang bola di depan dada. Ayunkan lengan dengan mendorong ke depan. Luruskan kedua lengan setinggi dada. Lakukan aktivitas ini bersama temanmu dengan disiplin dan tanggung jawab.

3. Menarik dan Mengayunkan Lengan

Bagaimana variasi gerak menarik dan mengayunkan lengan? Variasi gerak dasar nonlokomotor ini dilakukan dengan kedua tangan. Posisi awal berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua tangan diluruskan ke depan. Kemudian, lakukan gerakan mengayunkan lengan ke badan.

Baca Juga: Contoh Variasi Gerak Lokomotor dalam Permainan Bola Basket

Variasi Gerak Manipulatif dalam Permainan Bola Basket

Apa sajakah variasi gerak dasar manipulatif dalam permainan bola basket? Variasi gerak dasar manipulatif di antaranya melempar dan menembak bola, menangkap bola, dan memantul-mantulkan atau menggiring bola.

1. Menggiring dan Mengoper Bola

Lakukan gerakan menggiring dan mengoper bola. Gerakan ini diawali dengan menggiring bola lurus ke depan atau ke samping kiri dan kanan. Kemudian, operkan bola ke temanmu, dan lakukan dengan hati-hati.

2. Menangkap dan Melempar Bola

Pada permainan bola basket, terdapat gerak menangkap dan melempar bola. Lakukan gerak ini bersama temanmu. Caranya, berdiri saling berhadapan sekitar 5–7 meter. Lemparkan bola mendatar ke arah temanmu. Kemudian, temanmu menangkap bola tersebut. Ulangi gerak ini secara bergantian dengan hati-hati.

3. Menggiring dan Menembak Bola

Bagaimana cara melakukan gerak menggiring dan menembak bola? Diskusikan bersama temanmu. Jangan lupa hargai pendapat temanmu. Untuk memperkaya pembahasanmu, gunakan berbagai sumber bacaan. Pertama, lakukan gerak menggiring bola menuju ring basket. Kedua, menembak bola ke ring basket. Lakukan gerak ini dengan semangat dan percaya diri.

4. Mengoper dan Menembak Bola

Bagaimana cara melakukan gerak mengoper dan menembak bola? Amatilah gambar berikut. Diskusikan cara melakukan variasi gerak manipulatif berdasarkan gambar dibawah ini. Jelaskan hasil diskusimu kepada guru secara santun. Tarik lengan mendekat badan dengan menekuk siku.

Baca Juga: Contoh Variasi Gerak Nonlokomotor dalam Permainan Bola Basket

KOMPAS.com – Bola basket merupakan jenis olahraga permainan menggunakan bola besar yang dimainkan oleh dua tim atau regu. Masing-masing tim terdiri dari lima pemain.

Tujuan dari permainan bola basket adalah mencetak poin sebanyak mungkin. Tim yang mampu mencetak poin paling banyak adalah yang menjadi pemenang.

Bola basket memiliki teknik-teknik dasar yang meliputi teknik mengumpan atau passing, menggiring (dribbling), menembak (shooting), berputar (pivot), serta rebound.

Selain beragam teknik dasar tersebut, di dalam bola basket juga ada gerakan kombinasi dan variasi.

Gabungan dari tiga gerakan menjadi satu rangkaian gerak berupa dribble dan menembak atau mengumpan biasa disebut dengan gerakan kombinasi.

Mengutip laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ada beberapa contoh gerakan kombinasi dan variasi dalam olahraga bola basket.

Contoh gerakan kombinasi dan variasi dalam bola basket

1. Menggiring dan mengumpan bola

Gerakan ini diawali dengan dribbling (menggiring) bola lurus ke depan atau ke samping. Setelah melakukan dribbling, bola kemudian diumpan (passing) ke pemain lain.

2. Menggiring dan menembak bola

Selain diakhiri dengan mengumpan atau passing, seorang pemain basket juga bisa melakukan dribbling lalu melakukan tembakan sendiri.

Cara melakukan gerakan kombinasi ini diawali dengan menggiring bola menuju ring kemudian melakukan tembakan.

3. Melempar dan menangkap bola

Bola basket merupakan jenis olahraga menggunakan bola besar yang dilakukan dengan tangan. Oleh karenanya, dalam basket akan ada banyak gerakan melempar dan menangkap bola.

Melempar bola ke arah rekan setim disebut passing atau mengumpan. Sementara gerakan menangkap bola disebut dengan catching.

Cara melatih gerakan kombinasi ini adalah berdiri saling berhadapan dengan teman dengan jarak 5-7 meter. Kemudian, lemparlah bola secara mendatar dan diulangi secara bergantian.

kemdikbud Ilustrasi kombinasi gerak menangkap dengan melempar pada permainan basket

4. Pivot dan passing

Variasi gerakan pivot (memutar badan) dengan passing atau mengumpan kerap dilakukan atlet-atlet basket ketika menjalani pertandingan.

Gerakan ini mengombinasikan pivot dengan teknik mengumpan.

5. Pivot dan shooting

Selain bisa dikombinasikan dengan teknik mengumpan, gerakan pivot juga dapat digabung dengan teknik menembak atau shooting.

Gerakan pivot bertujuan untuk mengecoh lawan atau membuka ruang sebelum melakukan tembakan.

Jawaban:karena variasi dan kombinasi gerak membuat permainan menjadi lebih baik. Untuk dapat memenangkan permainan.

Apa yang dimaksud dengan variasi dan kombinasi permainan bola basket?

Selain beragam teknik dasar tersebut, di dalam bola basket juga ada gerakan kombinasi dan variasi. Lalu, apa yang dimaksud dengan variasi dan kombinasi permainan bola basket? Gabungan dari beberapa gerakan menjadi satu rangkaian gerak berupa dribble, melangkah, dan menembak atau mengumpan biasa disebut dengan gerakan kombinasi dan variasi.

Apa saja gerak dasar permainan bola basket?

Beberapa gerak dasar permainan bola basket yang disajikan dalam bab ini adalah sebagai berikut. 1. Melempar dan menangkap Melempar dan menangkap bola banyak dimanfaatkan untuk memberikan bola kepada teman seregu. Passing adalah memberikan bola ke teman seregu. Prinsipnya harus mudah diterima dan tidak direbut lawan.

Apa saja gerak lokomotor dan manipulatif dalam permainan bola basket?

Pada permainan bola basket, terdapat gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Gerak lokomotor dalam permainan bola basket meliputi kegiatan berjalan dan berlari. Gerak nonlokomotor dalam permainan bola basket, misalnya menekuk lutut sebelum mengoper bola dan menekuk siku sebelum menangkap bola.

Apa yang dimaksud dengan pemenang dalam permainan bola basket?

Pemenang dalam pertandingan bola basket adalah regu yang memasukkan paling banyak bola ke ring basket [keranjang] kelompok lawan. Pada permainan bola basket, terdapat gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Gerak lokomotor dalam permainan bola basket meliputi kegiatan berjalan dan berlari.

Mengapa gerak variasi dan kombinasi perlu dilakukan dalam permainan sepak bola brainly?

Jawaban: Gerak variasi dan kombinasi dalam permainan sepak bola merupakan gabungan beberapa hal [gerak dasar] yang dilakukan dalam satu rangkaian gerak, dengan tujuan agar peserta didik dapat menendang, menahan, menggiring, dan menyundul bola.

Apa yang dimaksud variasi dan kombinasi dalam permainan basket?

Lalu, apa yang dimaksud dengan variasi dan kombinasi permainan bola basket? Gabungan dari beberapa gerakan menjadi satu rangkaian gerak berupa dribble, melangkah, dan menembak atau mengumpan biasa disebut dengan gerakan kombinasi dan variasi.

Pada kelas 9 materinya bola basket pembelajaran variasi dan kombinasi apa maksud dari gerakan variasi?

Variasi berarti tindakan dasar bola basket yang dilakukan dengan berbagai cara sedangkan Kombinasi mengacu pada penggabungan gerakan-gerakan dasar bola basket untuk membentuk rangkaian gerakan. Jadi variasi dan kombinasi bola basket berarti serangkaian latihan dasar bola basket yang dilakukan dengan berbagai cara.

You might be interested:  Kemampuan Yang Harus Dimiliki Guru Profesional?

Apa yang dimaksud dengan variasi dan kombinasi shooting dalam sepak bola?

Variasi dan kombinasi dalam permainan sepak bola adalah gerakan yang menggabungkan beberapa jenis gerakan dasar dan dilakukan dalam satu gerakan. Sementara itu, gerakan kombinasi dalam permainan sepak bola adalah menghubungkan atau rangkaian berbagai keterampilan gerakan dasar sepak bola.

Apa yang dimaksud dengan gerak variasi dan kombinasi?

Jawaban: =>Gerak variasi bermakna satu jenis gerakan dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, gerak menendang/mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki, kaki bagian luar. =>Gerak kombinasi bermakna menghubungkan dua jenis keterampilan gerak.

Jelaskan apa yg dimaksud dengan variasi dan kombinasi?

Variasi dan kombinasi dapat diartikan sebagai teknik dalam sepakbola yang menggabungkan antara teknik dasar yang dimiliki oleh para pemain sepakbola dengan kemampuan yang ada pada pemain sepakbola.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan variasi dalam permainan sepak bola?

Variasi dalam permainan sepak bola adalah melakukan suatu bentuk gerakan teknik dasar dengan berbagai cara,seperti mengumpan/menendang bola di tempat,sambil bergerak maju-mundur,dan bergerak menyamping,baik secara perorangan,berpasangan maupun kelompok.

Apa yang dimaksud dengan gerak variasi dalam permainan sepak bola?

Gerak variasi bermakna satu jenis gerakan dilakukan dengan berbagai cara, misalnya gerak menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki, kaki bagian luar.

Apa yang dimaksud dengan latihan variasi dan kombinasi?

Jawaban: variasi adalah ragam/macam gerakan latihan. kombinasi adalah gabungan berbagai variasi gerakan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan variasi dalam permainan bola basket?

Penjelasan: Variasi dan kombinasi permainan bola basket adalah gabungan beberapa teknik dasar dan gerakan untuk menguasai dan mengolah bola.

Apa yang dimaksud dengan variasi dan kombinasi dalam permainan bola basket dan tuliskan contohnya?

Variasi dan kombinasi dalam permainan bolabasket adalah gabungan beberapa bentuk gerakan prinsip dasar dengan berbagai cara, seperti : melakukan prinsip dasar melempar melalui atas kepala, menembak [shootting], dan lay-up shoot, di tempat, bergerak maju-mundur, dan bergerak menyamping, zig-zag, baik secara perorangan,

Apa gerak kombinasi?

Kombinasi adalah penggabungan dua gerakan dasar atau lebih menjadi satu rangkaian gerak. Kombinasi gerak dapat ditemukan dalam permainan bola voli. Contoh gerakan dalam bola voli adalah berlari dan meloncat. Ketika bertanding, kedua jenis gerakan ini bisa dikombinasikan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan variasi secara umum?

Yang dimaksud dengan Variasi adalah Perbedaan kecil yang terdapat di antara individu sejenis.

Apa yang dimaksud dengan kombinasi gerak permainan sepak bola dan berikan contohnya?

Kombinasi gerak dasar dalm permainan sepak bola contohnya:

Rangkaian gerak berlari dan menendang bola merupakan kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif yang ditandai dengan gerak berlari berpindah tempat [lokomotor], gerak mengayun tungkai [nonlokomotor], dan gerak menendang bola [manipulatif].

Sebutkan gerak variasi dan kombinasi apa saja yang kamu ketahui dalam permainan sepak bola minimal 5?

a]Menahan bola lalu mengumpan. b]Menahan bola lalu menendang. c]Melakukan pemotongan [intercept] dengan menyundul. D]Melakukan pemotongan [intercept] dengan menendang.

Apa itu kombinasi gerak permainan bola basket?

Setelah Anda mempelajari variasi keterampilan gerak permainan bola basket, sekarang Anda akan mempelajari kombinasi gerak, yaitu menggabungkan beberapa keterampilan gerak, diantaranya adalah menangkap dan passing, menggiring dan passing, menggiring dan shooting, dan passing dan shooting.

Apa yang dimaksud dengan permainan bola basket?

Bola basket merupakan permainan beregu yang dimainkan lima orang dalam setiap regu. Pemenang dalam pertandingan bola basket adalah regu yang memasukkan paling banyak bola ke ring basket [keranjang] kelompok lawan.

Apa saja variasi gerak dasar manipulatif dalam permainan bola basket?

Apa sajakah variasi gerak dasar manipulatif dalam permainan bola basket? Variasi gerak dasar manipulatif di antaranya melempar dan menembak bola, menangkap bola, dan memantul-mantulkan atau menggiring bola. 1. Menggiring dan Mengoper Bola

Bagaimana cara menggiring bola basket?

Menggiring bola [dribble] dilakukan dengan memantulkan bola ke lantai menggunakan jari-jari telapak tangan. Gerakan menggiring bola basket dapat kamu pelajari pada uraian berikut.

Variasi Menggiring Bola dalam Permainan Sepak Bola [Sumber: Pixabay]

Apa yang dimaksud dengan variasi dan kombinasi permainan sepak bola? Variasi dan kombinasi dalam permainan sepak bola adalah gerakan yang menggabungkan beberapa jenis gerakan dasar dan dilakukan dalam satu gerakan.

Sementara itu, gerakan kombinasi dalam permainan sepak bola adalah menghubungkan atau rangkaian berbagai keterampilan gerakan dasar sepak bola.

Lewat artikel ini, Info Sport akan jelaskan yang dimaksud dengan variasi dan kombinasi permainan sepak bola.

Variasi Menggiring Bola [Sumber: Pixabay]

1. Variasi Menggiring Bola

Variasi menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam

Ada empat cara untuk melakukan teknik dribbling dengan kaki bagian dalam, yakni:

  1. Posisi tubuh berdiri tegak dan arahkan pandangan mata melihat ke arah datangnya bola.

  2. Letakkan salah satu kaki yang akan digunakan untuk menggiring bola, menghadap ke arah luar. Sedangkan kaki satunya berada di samping bola.

  3. Doronglah bola dengan menggunakan kaki bagian dalam sambil berlari kecil mengikuti arah bola.

  4. Agar bisa menghentikan bola, letakkan salah satu telapak kaki di atas bola.

Variasi menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar

Ada empat cara untuk melakukan teknik dribbling dengan kaki bagian luar, yakni:

  1. Posisi tubuh berdiri tegak dan arahkan pandangan mata melihat ke arah datangnya bola.

  2. Letakkan salah satu kaki yang akan digunakan untuk menggiring bola, menghadap ke arah dalam. Sedangkan kaki satunya berada di samping bola.

  3. Doronglah bola dengan menggunakan kaki bagian luar sambil berlari kecil mengikuti arah bola.

  4. Agar bisa menghentikan bola, letakkan salah satu telapak kaki di atas bola.

2. Variasi Menendang Bola

Variasi Menendang Bola [Sumber: Unsplash]

Teknik ini merupakan tendangan yang menggunakan punggung kaki untuk menendang bola diam atau sedang bergulir. Cara melakukan teknik ini sebenarnya hampir sama dengan operan instep, kecuali pada gerakan akhir yang lebih fokus pada tendangan kaki.

Full volley merupakan tendangan yang dilakukan sebelum bola jatuh ke tanah. Untuk bisa melakukan teknik ini, maka perlu menendang bola secara langsung dari udara dengan gerakan kaki pada titik jatuhnya bola.

Teknik half volley hampir mirip dengan full volley. Perbedaannya terdapat pada bola yang ditendang ketika bola menyentuh permukaan tanah. Jadi, bukan ditendang saat di udara.

Hal terpenting dari teknik adalah perkiraan yang tepat terhadap di mana bola akan jatuh dan bergerak ke arah titik tersebut. bukan ditendang saat di udara. Hal terpenting dari teknik adalah perkiraan yang tepat terhadap di mana bola akan jatuh dan bergerak ke arah titik tersebut.

3. Variasi Mengontrol Bola

Variasi Mengontrol Bola [Sumber: Pixabay]

Variasi mengontrol bola menggunakan telapak kaki dilakukan dengan cara memposisikan diri pada wilayah yang tepat dan menghadap ke arah datangnya bola.

Kemudian, buka kaki bagian dalam hingga menghadap keluar lalu kontrol bola secara perlahan setelah menyentuh kaki dan hentikan bola.

Mengontrol bola menggunakan punggung kaki adalah memposisikan diri sembari menunggu bila datang, lalu kaki bagian luar disiapkan dan posisi badan agak condong ke depan kemudian bola menyentuh kaki dan hentikan.

Mengontrol bola dengan paha dilakukan dengan cara mengamati bola yang datang dari udara. Posisikan badan dan tempat tubuh tepat di bawah arah datangnya bola, lalu angkat kaki yang akan menahan bola dan tekuk bagian lututnya.

Kemudian, saat bola menyentuh paha, lakukan tarikan supaya hantaman bola lebih stabil dan tubuh tetap seimbang. Itulah apa yang dimaksud dengan variasi dan kombinasi permainan sepak bola.

Video yang berhubungan