Jelaskan fungsi olahraga silat minimal tiga fungsi

Pencak Silat – Halo sobat setia dosenpintar.com. Pada artikel kali ini saya akan mengulas tuntas mengenai Pencak Silat: Pengertian, Sejarah, Unsur, Tujuan, Fungsi dan Tehnik. Oleh karena itu langsung aja sobat simak artikelnya di bawah ini yuk.


 

Pengertian Pencak Silat

Temen-temen mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini. Lantas apa sih pencak silat itu?Yaitu salah satu jenis bela diri yang termasuk dalam permainan tari. Istilah Pencak silat sendiri berasal dari dua kata, yakni “pencak” yang memiliki arti gerakan dasar bela diri yang terikat dengan suatu peraturan dan kata “silat” yang merujuk pada istilah seni bela diri ini di kawasan Asia Tenggara.
 

Pengertian Pencak Silat Menurut Para Ahli

Adapun pengertian pencak silat menurut para ahli antaralain :

  • Menurut beliau pencak merupakan fitrah manusia untuk membela dirinya sendiri. Adapun silat menjadi sebuah unsur yang menghubungkan gerakan serta pikiran.

  • Sedangkan menurut beliau, pencak merupakan seni bela diri yang diperagakan secara teratur, sementara silat sendiri merupakan inti sari dari pecak tidak dapat diperagakan. Pencak silat dalam suku Madura diartikan sebagai bergerak tanpa aturan sambil meloncak, dimana pemain berloncat kian kemari seperti kilat.

  • Adapun menurutnya, pencak adalah gerakan yang teratur menurut sistem, waktu, tempat dan iklim dengan selalu menjaga kehormatan masing-masing tanpa melukai perasaan. Sementara silat adalah gerakan yang berhubungan erat denngan rohani, sehinggga menghidup suburkan naluri, menggerakan hati nurani manusia, langsung menyerang kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sejarah Pencak Silat

Pencak silat pada awalnya berkembang dari keterampilan suku-suku asli Indonesia dalam berburu dan berperang dengan menggunakan berbagai senjata seperti parang, perisai, dan tombak. Dan bela diri ini diperkirakan menyebar di kepulauan nusantara semenjak abad ke-7 masehi, Namun belum ditentukan secara pasti siapa penemunya. Pencak silat pun terkenal ke sebagian besar masyarakat rumpun Melayu yang lebih dikenal dengan nama cekak.

Tak hanya di Melayu, pencak silat pun terkenal hingga ke negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand dan Filipina. Terdapat sejarah mengenai pencak silat yang mengisahkan seorang perempuan yang mencontoh gerakan pertarungan antara harimau dan monyet. Kemudian silat berkembang dari ilmu beladiri, menjadi bagian dari pendidikan bela negara untuk menghadapi penjajah asing.

Hingga pada akhirnya dibentuklah IPSI yaitu Ikatan Pencak Silat Indonesia, dan organisasi ini tercatat sebagai organisasi silat nasional tertua di dunia.
 

Unsur-Unsur Pencak Silat

Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam pencak silat antaralain :

  • Unsur olahraga
  • Unsur kesenian
  • Unsur bela diri
  • Unsur pendidikan mental kerohanian.
  • Unsur persaudaraan menuju persatuan.

Tujuan Pencak Silat

Adapun tujuan dari pencak silat adalah

  • Tempat menyalurkan bakat dan minat bagi generasi yang memiliki hobi olahraga terkhusus beladiri.
  • Membentuk masyarakat “Berjiwa Sehat, Berpikir Cerdas, Berprestasi”.
  • Membentuk sikap ksatria pada masyarakat, serta mendidik mereka untuk berani membela kebenaran dan keadilan, disiplin yang tinggi serta tanggung jawab lahir dan batin.
  • Mendorong dan menggerakkan masyarakat agar lebih memahami dan menghayati langsung hakikat dan manfaat olahraga Pencak Silat sebagai kebutuhan hidup.
  • Mendidik generasi muda supaya tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas, serta pengguna obat terlarang.

Fungsi Pencak Silat

  • Jika dilihat dari sudut seni, dalam gerakan pencak silat terdapat keselarasan serta keseimbangan antara wirama, wirasa, dan wiraga, atau keserasian irama, penyajian teknik, dan penghayatan.

  • Sementara jika dilihat dari sudut bela diri, pencak silat menggunakan seluruh bagian anggota tubuh dari ujung jari tangan, kaki sampai kepala dengan ataupun tanpa menggunakan senjata.

  • Adapun dari sudut pendidikan pencak silat memberikan kemampuan, keterampilan, dan kemantapan dalam mempertahankan dan membela diri terhadap sebuah ancaman bahaya baik dari dalam maupun luar, serta untuk menjamin keselarasan dengan alam sekitarnya.

Teknik Pencak Silat

Sikap Kuda-Kuda

Merupakan sikap dasar dan sikap awal dalam pencak silat dimana posisi kaki tertentu dijadikan sebagai dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan bela serang.

Sikap Pasang

Selanjutnya adalah sikap pasang. Yang mana sikap ini merupakan suatu kesiagaan untuk melakukan pembelaan atau serangan yang berpola dan dilakukan pada awal serta akhir rangkaian gerakan.

Sikap Tangkisan

Sikap menangkis berguna untuk menahan ataupun menghindari serangan lawan. Dan terdapat beberapa sikap menangkis dalam pencak silat seperti tangkisan atas, tangkisan belah tengah, dan tangkisan luar.

Hindaran dalam Pencak Silat

Berikutnya adalah sikap menghindar, yang tentunya berfungsi untuk menghindari serangan lawan supaya tidak terkena damage.

Pukulan dalam Pencak Silat

Dalam pencak silat, pukulan dilakukan menggunakan tangan kosong sebagai komponennya. Dan segala teknik pukulan yang terdapat dalam seni bela diri pencak silat boleh digunakan untuk menyerang bagian-bagian tubuh lawan yang disahkan untuk diserang dalam upaya memperoleh angka.

Tendangan dalam Pendak Silat

Sama halnya seperti pukulan, tendangan juga boleh digunakan untuk menyerang bagian-bagian tubuh lawan dalam upaya memperoleh angka.
 

Variasi Pencak Silat

Dalam pencak silat terdapat variasi serta gabungan teknik yang dapat digunakan. Misalnya variasi pencak silat antaralain pada persiapan, pelaksaan, serta pengayaan.
 

Manfaat Pencak Silat

Manfaat yang bisa didapatkan dari seni bela diri pencak silat antaralain :

  1. Melatih kesabaran
  2. Melatih mental
  3. Melatih konsentrasi
  4. Melatih kewaspadaan
  5. Melatih kepekaan
  6. Melatih kedisiplinan
  7. Melatih kontrol
  8. Menambah pengetahuan
  9. Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar
  10. Menambah daya tahan tubuh

Demikianlah artikel yang mengulas tentang Pencak Silat: Pengertian, Sejarah, Unsur, Tujuan, Fungsi dan Tehnik. Semoga artikel diatas dapat membantu sobat semua dalam menambah ilmu serta wawasan. Terus pantengin dosenpintar.com untuk artikel-artikel lainnya.

  • Pengertian Renang
  • Push Up
  • Tolak Peluru

Baca Juga :  Soal Penjaskes Kelas 6

Berikut ini manfaat pencak silat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan

Moms, tahukah bahwa ada banyak manfaat pencak silat untuk kesehatan? Pencak silat ialah seni bela diri tradisional Indonesia dengan berbagai teknik gerakan dasar bervariasi.

Dilansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pencak silat memiliki 4 aspek utama dalam penerapannya, yaitu aspek mental spiritual, seni budaya, bela diri, dan olahraga.

Jadi, jangan heran kalau pencak silat menyimpan banyak manfaat bagi tubuh.

Selain itu, anak-anak yang juga sudah mengikuti pencak silat sejak duduk di bangku sekolah dapat menerima manfaat yang serupa.

Untuk itu, simak manfaat pencak silat bagi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan berikut ini.

Baca Juga: Ini 3 Alasan Wajibnya Anak Perempuan Belajar Bela Diri

Manfaat Pencak Silat untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat pencak silat bagi kesehatan tubuh berikut ini, yaitu:

1. Mengembangkan Kemampuan Anak

Foto: pinterest.com

Pencak silat banyak diikuti oleh anak karena dapat menjadi bagian dari pembelajaraan olahraga di sekolah.

Ternyata, pencak silat menyimpan banyak manfaat untuk kemampuan kognitif, afektif, dan juga psikomotor mereka, lho.

Pencak silat adalah hasil budaya Indonesia yang bertujuan untuk membela, mempertahankan, eksistensi, dan intergritas untuk mencapai keselerasan hidup.

Dikutip dari Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations berikut ini penjelasan tentang manfaat pencak silat bagi anak:

  • Pengembangan kemampuan kognitif sejalan dengan diberikan latihan-latihan konsep pencak silat, proses berpikir cepat dalam menghadapi permasalahan yang segera dipecahkan dan pengambilan keputusan secara tepat dan akurat.
  • Pengembangan kemampuan afektif, sejalan diberikan latihan-latihan yang mengarah pada sikap sportivitas, saling menghargai/menghormati sesama teman latih-tanding, belajar untuk disiplin, dan rendah hati sesuai dengan falsafah pencak silat.
  • Pengembangan kemampuan psikomotor, sejalan dengan diberikannya latihan-latihan yang mengarah dengan aktivitas jasmani, seperti pembelajaran pencak silat yang dinamis, menantang, dan menyenangkan.

Selain itu, manfaat pencak silat bagi anak juga mampu meningkatkan rasa percaya diri melatih ketahanan mental, melatih keuletan, dan serta mampu mengembangkan kewaspadaan diri.

Bagi kesehatan anak, pencak silat juga bermanfaat untuk melatih kekuatan diri.

Jadi, pencak silat dapat menjadi olahraga yang baik bagi pertumbuhan fisik dan kesehatan mental anak secara keseluruhan, ya, Moms.

Baca Juga: Iko Uwais Ajari Anak Bela Diri, Ternyata Banyak Manfaatnya!

2. Mempertahankan Berat Badan yang Sehat

Foto: freepik.com

Manfat pencak silat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, yaitu mampu mempertahankan berat badan yang sehat.

Pencak silat dapat menjadi olahraga yang tepat dan menyenangkan untuk mencegah terjadinya kenaikan berat badan berlebih.

Dilansir dari laman My Martial Arts Academy, bela diri seperti pencak silat mampu membakar ratusan kalori dalam waktu singkat.

Ini dapat mengarah pada penurunan berat badan yang sehat dan kesehatan fisik yang lebih baik.

Bisa dikatakan, pencak silat menjadi cara terbaik untuk mencegah anak dari obesitas.

Nyatanya, obesitas pada anak adalah hal yang tidak dapat dianggap sepele, ya, Moms.Obesitas pada anak merupakan ancaman kesehatan yang serius bagi mereka kelak.

Anak-anak dalam kategori obesitas telah melampaui kelebihan berat badan dan berisiko mengalami sejumlah kondisi kesehatan kronis.

Di antaranya seperti risiko mengalami penyakit jantung, diabetes, asma, nyeri sendi, hingga mengalami gangguan tidur.

Dikutip dari salah satu jurnal Public Health Perspective berdasarkan data Riskesdas oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2013, angka kenaikan overweight dan obesitas pada anak usia 5-12 tahun mencapai 18,8%.

Kesehatan yang buruk dan berasal dari obesitas di masa kanak-kanak, dapat berlanjut hingga dewasa.

Untuk itu, Moms perlu menjaga berat badan anak agar masa depannya terjaga dengan baik.

Baca Juga: Trik agar Anak Tidak Malas Olahraga

3. Melatih Fleksibilitas Tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat pencak silat bagi anak berikutnya, yaitu mampu melatih fleksibilitas tubuh dengan baik.

Hal ini akan mencegah anak dari postur tubuh yang buruk, leher yang sering pegal karena terlalu lama menatap gadget dan melatih posisi tubuh yang baik saat duduk atau berdiri.

Pencak silat dapat menjadi olahraga yang baik untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh. Sebab, peregangan menjadi bagian penting dari seni bela diri ini.

Pada umumnya, peregangan tubuh membuat otot menjadi lebih fleksibel, yang akhirnya berpengaruh baik pada postur tubuh.

Peregangan mampu mencegah terjadinya cedera, meningkatkan jangkauan gerak, serta meningkatkan kinerja secara keseluruhan dan aliran darah ke otot.

Di setiap kelas seni bela diri, peregangan adalah bagian penting yang wajib untuk dilakukan.

Ini dilakukan untuk meregangkan otot lengan, paha belakang, otot inti, dan kelompok otot vital lainnya.

Pada akhirnya, praktik-praktik dari pencak silat ini juga akan memiliki manfaat fisik pada postur tubuh, mencegah terjadinya nyeri tubuh, dan juga menghindari potensi masalah kesehatan yang dapat ditimbulkannya.

Baca Juga: Patut Dibiasakan Sejak Dini, Ini Dia 4 Manfaat Olahraga untuk Anak

4. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Foto: Orami Photo Stock

Menjaga tekanan darah tetap stabil tentunya sangat penting untuk kesehatan.

Nah, salah satu manfaat pencak silat berikutnya, yaitu mencegah terjadinya tekanan darah yang tinggi.

Manfaat pencak silat bagi kesehatan tubuh karena sebagian besar teknik seni bela diri membutuhkan pelatihan intensif, itu menghasilkan kebugaran secara keseluruhan.

Gerakan berulang yang dilakukan saat pencak silat mirip dengan olahraga HIIT, yang membantu kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah tinggi.

HIIT adalah olahraga yang mudah dilakukan di mana saja.

HIIT mampu merangsang produksi hormon pertumbuhan manusia (HGH) selama 24 jam setelah menyelesaikan latihan.

Artinya, hal ini mampu meningkatkan pembakaran lemak dan lebih banyak otot yang dipertahankan.

Jika Moms memiliki masalah tekanan darah tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba latihan bela diri ini.

Selain itu, Moms dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan yang efektif menurunkan tekanan darah, seperti bayam, kayu manis, pisang, kapulaga daun selasih, dan juga bawang putih.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat pencak silat berikutnya yang penting bagi tubuh, yaitu meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat ini berkaitan dengan poin sebelumnya, ya, Moms.

Pencak silat, atau seni bela diri lainnya mengharuskan anak untuk menjalani olahraga yang berat dan intens.

Latihan yang berbeda meningkatkan detak jantung, membantu anak membangun daya tahan kardiovaskular yang baik.

Satu-satunya cara untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan melakukan aktivitas yang membuatnya bekerja keras.

Rutin berolahraga sudah dikenal mampu menjaga fungsi jantung agar berjalan dengan baik.

Berolahraga tidak hanya dapat membantu mengendalikan berat badan, tapi juga mengurangi risiko tekanan darah tinggi kolesterol tinggi, dan diabetes.

Ini menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung.

Nah, ketika melakukan pencak silat, ada banyak kalori yang terbakar karena seluruh tubuh akan bergerak aktif.

Hal ini juga akan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Selain itu, pencak silat juga mampu mengontrol nafsu makan yang akhirnya mengurangi keinginan Moms untuk mengemil atau mengonsumsi makanan yang manis-manis.

Ingat, jantung yang sehat juga datang dari pola makan yang sehat, ya, Moms.

Konsumsi makanan sehat juga merupakan cara menjaga kesehatan jantung yang bisa dilakukan.

Diet kaya buah, sayuran dan biji-bijian dapat membantu melindungi jantung.

Nah, itulah beberapa manfaat pencak silat bagi anak dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • https://petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id/Repositorys/pencak_silat/
  • https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/download/443/490/
  • https://www.nymaa.com/martial-arts-blog/8-Physical-and-Mental-Health-Benefits-of-Martial-Arts-for-Kids_AE196.html
  • https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/fitness/6-amazing-health-benefits-of-martial-arts/articleshow/70787541.cms