Bagaimana sikap yang perlu diterapkan dalam keragaman jenis pekerjaan

Ilustrasi Menghargai Keberagaman. (Foto: https://pixabay.com)

Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman suku bangsa, budaya, dan sosial. Walaupun Indonesia memiliki keberagaman yang tinggi, namun masyarakat Indonesia diikat dengan persatuan dan kesatuan. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia tetap bisa bekerja sama dengan baik dengan orang-orang yang berbeda.

Dikutip dari buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 4 yang ditulis oleh Christiana Umi (2020: 24), setiap orang pasti berbeda dengan orang lain. Baik itu warna kulit, cara pandang, dan ide. Keberagaman yang ada merupakan ciptaan Tuhan, sehingga setiap manusia harus menghargai keberagaman yang ada.

Keberagaman itu yang akan memperkaya kita. Hal tersebut sesuai dengan yang tertulis dalam semboyan bangs akita, yaitu Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Contoh Sikap Menghargai Keberagaman di Indonesia

Ilustrasi Menghargai Keberagaman. (Foto: https://pixabay.com)

Persatuan dan kesatuan dapat menjadi bukti pentingnya kekompakan. Melalui persatuan, kita tidak akan mementingkan kepentingan diri sendiri atau kelompok, tetapi kepentingan umum. Berikut contoh sikap menghargai keberagaman di Indonesia untuk menjunjung persatuan dan kesatuan:

1. Saling menghormati orang yang berbeda agama dan suku.

2. Turut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

3. Membina kerukunan dengan tetangga, saling menghargai, dan menghormati.

4. Mengutamakan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi dan golongan.

5. Saling menghormati dan menghargai sesama.

6. Tidak membedakan berdasarkan Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).

7. Saling tolong menolong dengan tetangga.

8. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Contoh sikap menghargai keberagaman di atas dilakukan untuk mencapai persatuan dan kesatuan. Adapun manfaat dari terciptanya persatuan dan kesatuan, yaitu bersatunya dalam sebuah keluarga, masyarakat, dan bangsa menjadi lebih kuat serta mempercepat terlaksananya pekerjaan.

Walaupun kita terdiri atas berbagai suku yang beranekaragam budaya daerahnya, namun kita tetap satu bangsa Indonesia, memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat! (CHL)


Page 2

ilustrasi belajar. Sebutkan Lima Sikap yang Harus Diterapkan dalam Menyikapi Keberagaman Ekonomi, Kunci Jawaban Evaluasi Tema 4 Subtema 1 Kelas 6 SD.* /pexels.com/Andrew Neel/

PORTAL PURWOKERTO - Sebutkan lima sikap yang harus diterapkan dalam menyikapi keberagaman ekonomi, kunci jawaban tema 4 kelas 6 subtema 1.

Berikut adalah lima sikap yang harus diterapkan dalam menyikapi keberagaman ekonomi di tengah masyarakat:

1. Saling menghargai dan menghormati kegiatan ekonomi atau pekerjaan yang dilakukan orang lain

2. Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positifnya untuk mencapai keberhasilan

Baca Juga: Kunci Jawaban Sebutkan Hal yang Ditimbulkan Akibat Adanya Keberagaman Ekonomi, Tema 4 Kelas 6 Subtema 1

3. Menumbuhkan sikap persaingan usaha yang sehat antar pelaku kegiatan ekonomi

4. Bermain dengan teman tanpa membeda-bedakan tingkat ekonomi dan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang tuanya

5. Tidak menghina dan merendahkan teman yang memiliki tingkat ekonomi rendah

Keberagaman ekonomi adalah suatu kondisi dimana terdapat berbagai jenis kegiatan perekonomian yang berbeda pada suatu masyarakat.

Dalam kegiatan bermasyarakat, setiap keberagaman ekonomi memiliki tugasnya masing-masing. Keberagaman ekonomin tersebut saling menutupi dan melengkapi satu sama lain.

Baca Juga: Sebutkan Hal yang Ditimbulkan Akibat Adanya Keberagaman Ekonomi? Simak Ulasan Pelajaran PPKN Kelas 6

Itulah kunci jawaban atas pertanyaan dalam evaluasi pembelajaran tema 4 subtema 1 kelas 6 SD yang membahas mengenai Globalisasi, Keberagaman Ekonomi.

Disclaimer: kunci jawaban ini merupakan panduan bagi orangtua. Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Portal Purwokerto tidak bertanggungjawab atas kesalahan jawaban.***

belajar online. Sebutkan Sikap yang Harus Diterapkan Dalam Menyikapi Keberagaman Ekonomi? Ulasan Pelajaran PPKN Kelas 6.* /julia-m cameron/PEXELS

PORTAL PURWOKERTO - Sebutkan sikap yang harus diterapkan dalam menyikapi keberagaman ekonomi? Pertanyaan tersebut merupakan muatan pelajaran PPKN untuk adik-adik kelas 6, tema 4 globalisasi dan subtema 1 pokok pembahasan menyikapi keberagaman ekonomi.

Perlu diingat, penjelasan tentang sikap yang harus diterapkan dalam menyikapi keberagaman ekonomi merupakan panduan bagi orang tua siswa.

Adik-adik diharapkan bereksplorasi lebih lanjut dan mencari jawaban lainnya, sehingga jawaban ini tidak selamanya mutlak.

Orang tua di rumah diharapkan membantu putra dan putrinya untuk membantu menjelaskan tentang sikap yang harus diterapkan dalam menyikapi keberagaman ekonomi agar memudahkan proses belajar mengajar.

Baca Juga: Bersaing Sengit, Tokopedia atau Shopee yang Menangkan Pasar Indonesia?

Baca Juga: Jelaskan Apa yang Dimaksud Dengan Kebutuhan Primer? Simak Ulasan Pelajaran PPKN Kelas 6 Tema 4 Subtema 1

Kegiatan ekonomi yang berada di masyarakat sangat beragam, hal tersebut terjadi lantaran kebutuhan masyarakat juga berbeda-beda.

Walaupun kegiatan ekonomi yang dikerjakan oleh masyarakat berbeda satu dengan yang lainnya, namun kita harus tetap saling menghargai serta menghormati keberagaman tersebut.

Dengan beragamnya kegiatan ekonomi yang terdapat pada masyarakat, tentunya tak menjadi penghambat untuk bisa saling menghargai dan menghormati antara individu satu dengan individu lainnya.

Berikut ini bisa kita simak sikap yang harus diterapkan dalam menyikapi keberagaman ekonomi dalam masyarakat, antara lain:

Baca Juga: Sebutkan Hal yang Ditimbulkan Akibat Adanya Keberagaman Ekonomi, Muatan Pelajaran PPKN Kelas 6 Tema 4

1. Saling menghormati serta menghargai beragam kegiatan ekonomi, baik profesi atau pekerjaan yang dikerjakan orang lain.

2. Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.

3. Menumbuhkan sikap persaingan usaha yang sehat antar pelaku kegiatan ekonomi.

4. Menghormati dan menghargai usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas kesuksesan dan keberhasilannya.

5. Bergaul atau bermain dengan kawan tanpa membedakan kegiatan ekonomi yang dikerjakan oleh orang tuanya.

Demikian penjelasan singkat tentang lima sikap yang harus diterapkan dalam menyikapi keberagaman ekonomi, muatan pelajaran PPKN untuk adik-adik kelas 6, tema 4 globalisasi dan subtema 1 pokok pembahasan menyikapi keberagaman ekonomi.

Disclaimer: Kunci jawaban tersebut hanya merupakan panduan bagi orangtua. Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Jawaban di atas hanyalah contoh dan tidak mutlak. Portal Purwokerto tidak bertanggungjawab atas kesalahan jawaban.***