5000 langkah berapa menit

Hidup Sehat

Manfaat Jalan Kaki 10.000 Langkah, Baca Dulu Penelitiannya

Manfaat jalan kaki 10.000 langkah setiap hari disebut bisa menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko diabetes tipe 2, hingga menjadikan badan langsing. Dari sisi medis, angka ini sebetulnya bukan menjadi patokan.
13 Jun 2019|dr. Adelina Haryono
Bagikan
Slogan 10.000 langkah setiap hari mungkin tidak asing di telinga kita
Table of Content
Asal usul target 10.000 langkah setiap hari
Apakah berjalan kaki 10.000 langkah cukup atau justru terlalu banyak?
Tips memperbanyak langkah
Pasti tidak asing bagi Anda slogan yang berbunyi, 10.000 langkah setiap hari. Sebuah slogan untuk mengajak masyarakat aktif bergerak demi kesehatan dan kekuatan tulang. Berbagai program atau alat penghitung langkah kaki, bahkan aplikasi di gawai canggih, menggunakan angka 10.000 ini sebagai panduan.
Bagi Anda yang ingin mencoba, berjalan sebanyak 10.000 langkah per hari ini kira-kira sama dengan berjalan kaki sejauh 8 km, atau berjalan selama 1,5 - 2 jam. Namun, apakah target 10.000 langkah ini sudah tepat untuk kebutuhan aktivitas fisik Anda?

Asal usul target 10.000 langkah setiap hari

Di tahun 1960an, sebuah perusahaan Jepang menjalankan kampanye iklan untuk mempromosikanalat penghitung langkah kaki yang dibuatnya. Angka 10.000 tersebut dipilih bukan karena alasan medis tertentu, melainkan sebagai sebuah target yang terdengar bagus untuk dipromosikan. Ingin tahu nama perusahaan Jepang tersebut? Namanya adalah Manpo-Kei, yang dalam bahasa Jepang berarti: 10.000 langkah.Karena kesuksesan dari kampanye tersebutlah, maka angka ini menjadi populer hingga sekarang.Terlepas dari asal usul target langkah setiap harinya, inti dari ajakan slogan untuk memperbanyak berjalan kaki adalah banyaknya manfaat kesehatan yang dapat diraup dari berolahraga secara rutin.

Manfaat jalan kaki 10.000 langkah menurut riset

Sejauh ini, tidak ada penelitian konklusif bahwa adasatu angka yang memberikan manfaat optimum terhadap kesehatan. Namun, banyaknya langkah Anda per hari merupakan indikator keaktifan gaya hidup Anda secara umum. Beberapa manfaat berjalan kaki lebih banyak setiap harinya adalah:
  • Menurunkan berat badan
  • Menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke
  • Menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2
  • Meningkatkan stamina dan mood
  • Membantu relaksasi
  • Menguatkan otot dan tulang
Berjalan kaki dapat menurunkan berat badan

Apakah berjalan kaki 10.000 langkah cukup atau justru terlalu banyak?

Penelitian oleh I-Min Lee et al, menunjukkan bahwa 10.000 langkah per hari tidak dibutuhkan untuk memperoleh manfaat dari berjalan kaki. Penelitian dilakukan pada 16.741 wanita lanjut usia, dengan rata-rata usia 72 tahun. Jumlah langkah diukur menggunakan alat selama 7 hari.Pada wanita usia lanjut yang berjalan sebanyak 4.400 langkah per hari, risiko kematiannya 41% lebih rendah daripada mereka yang berjalan hanya 2.700 langkah per hari. Risiko kematian ditemukan terus menurun seiring dengan bertambahnya jumlah langkah per hari, dan menetap di atas 7.500 langkah per hari.Intensitas dalam berjalan, apakah cepat atau lambat (yang diukur melalui pengukuran cadence), tidak berkaitan dengan risiko kematian. Hanya jumlah langkah per hari saja yang ditemukan memiliki signifikansi.Penelitian ini adalah studi pertama yang meneliti jumlah langkah yang bermanfaat bagi kesehatan. Penelitian ini ditujukan untuk mendorong masyarakat agar lebih aktif bergerak, terutama bagi mereka yang kesulitan untuk mencapai 10.000 langkah per hari. Dengan jumlah langkah yang lebih sedikit, yaitu sekitar 4.000 langkah, dampak kesehatan yang didapat cukup signifikan.

Tips memperbanyak langkah

Rekomendasi dari American Heart Association (AHA) juga sejalan dengan hasil penelitian tersebut, walaupun menggunakan parameter jumlah menit dan tidak spesifik menyebutkan seberapa banyak seseorang harus berjalan. Rekomendasi AHA meliputi:
  • Berolahraga aerobik setidaknya 150 menit per minggu dengan intensitas sedang, atau 75 menit per minggu dengan intensitas berat.
  • Olahraga beban setidaknya dua kali per minggu
  • Mengurangi waktu duduk. Aktivitas ringan dapat mengurangi risiko akibat hidup sedenter.
Sementara itu, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menambah jumlah langkah saat berjalan kaki:
  • Menggunakan tangga dibanding lift. Selain lebih sehat menaiki tangga, Anda membantu mereka yang benar-benar membutuhkan lift.
  • Memilih tempat parkir yang lebih jauh dari pintu masuk
  • Pergi makan siang saat istirahat kantor ke tempat yang bisa dijangkau dengan berjalan
  • Jika Anda menunggu seseorang atau suatu rapat, Anda dapat jalan berkeliling dibandingkan duduk
  • Dengarkan musik, terutama yang berirama cepat. Musik dapat memotivasi Anda untuk berjalan lebih cepat.
  • Rencanakan jalan santai bersama keluarga atau teman.
olahraganews
Referensi
Medscape. //www.medscape.com/viewarticle/913631
Diakses pada Mei 2019
Lee IM, Shiroma EJ, Kamada M, et al. Association of step volume and intensity with all-cause mortality in older women. JAMA Intern Med. 2019
Diakses pada Mei 2019
American Heart Association. //www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/aha-recs-for-physical-activity-in-adults
Diakses pada Mei 2019
Mayo Clinic. //www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/10000-steps/art-20317391
Diakses pada Mei 2019
News-Medical.Net.//www.news-medical.net/health/Where-did-10000-steps-a-day-come-from.aspx
Diakses pada Juli 2020
Bagikan

Artikel Terkait

Hidup Sehat

8 Jenis Olahraga untuk Jantung Ini Mudah Dilakukan!

Olahraga untuk jantung yang lebih sehat dan kuat sangat beragam, mulai dari jalan kaki hingga bersepeda. Meski berintensitas rendah, manfaatnya untuk jantung sangat luar biasa!
07 Sep 2020|Fadli Adzani
Olahraga

Push Up Wanita yang Mudah Dilakukan Pemula

Push up wanita dapat dilakukan bertahap mulai dari wall push up hingga tahap akhir, yakni push up reguler. Ikuti panduannya berikut ini.
10 Mar 2021|Asni Harismi
Olahraga

Apa itu Elektrolit? Apa Fungsinya bagi Tubuh?

Anda mungkin sering melihat iklan di televisi yang mempromosikan minuman elektrolit. Elektrolit memang penting untuk Anda, karena terlibat dalam beberapa fungsi tubuh. Namun, sebenarnya apa itu elektrolit? Apa saja fungsi elektrolit bagi tubuh?
30 Agu 2019|Arif Putra

Diskusi Terkait di Forum

Lompat tali saat haid, apakah berbahaya?

Dijawab Olehdr. Adhi Pasha Dwitama

Apa saja manfaat sit up untuk perut?

Dijawab Olehdr. Sylvia V

Apa penyebab kepala bergetar dan telinga berdenging?

Dijawab Olehdr. Vina Liliana

Video

Postingan terbaru

LIHAT SEMUA